Sekali Seumur Hidup, Kau Harus ke Pulau Timor!

foto-2-49-1024x768

Mendengar nama Indonesia Timur, terlintas pertama kali adalah keindahan alamnya. Tak terbantahkan, pesona laut dan bahari di Indonesia Timur bagaikan kepingan surga yang jatuh ke bumi. Sebut saja Raja Ampat, Ora Beach, Kepulauan Kei, Banda Neira, Labengki, Wakatobi, Takabonerate dan Gorontalo. Di Nusa Tenggara, kita mengenal Flores dengan Kepulauan Komodo yang tersohor dan juga Sumba yang tak kalah indah.

Di tengah banyaknya keindahan Indonesia Timur yang menjadi destinasi impian itu, ada satu nama pulau yang sedikit terlupakan, Pulau Timor. Dahulu disebut sebagai Timor Barat dan saat ini pulau tersebut berbagi wilayah dengan Timor Leste. Mungkin karena letaknya yang berada di ujung selatan Indonesia membuat pulau ini kurang dilirik oleh wisatawan, ditambah akses yang masih sulit dan biaya menuju kesana cenderung mahal.

Namun sekarang ini sudah banyak penerbangan ke Kupang dengan tiket pesawat yang beragam dari segi harga maupun akomodasi.

Pulau Timor jelas tidak bisa dipandang sebelah mata. Keindahannya tak kalah mempesona dibanding Flores atau Sumba. Apalagi kota Kupang yang notabene ibukota Nusa Tenggara Timur (NTT) berada di pulau ini. Pesona pulau Timor layak mendapat perhatian lebih, dan bagi kalian yang hobi berpetualang dan mengeksplor keindahan laut wajib memasukkan pulau Timor ke dalam bucket list. At least, sekali seumur hidup kalian harus menginjakkan kaki disini.

Well, saya pribadi belum berkesempatan menjelajahi pulau Timor. Namun bila diberi umur dan rezeki saya bertekad untuk mengeksplorasi keindahan alam, sejarah, budaya, kearifan lokal serta kulinernya. So, jika saya mengunjungi pulau ini maka saya akan..

1. Merasakan lembutnya pasir Pantai Tablolong

Pesisir pantai yang cantik di pulau Timor adalah sebuah anugerah, salah satunya dengan merasakan ketenangan di tengah lembutnya pasir putih di Pantai Tablolong. Hanya berjarak 30 km dari kota Kupang, kita akan menikmati keindahan perairan yang tenang dan jernih dengan gradasi warna yang cantik.

Seperti pantai-pantai pada umumnya, kita bisa bermain air sepuasnya, memancing, berenang, berfoto dengan latar yang instagramable, atau sekedar duduk santai ditemani air kelapa. Kita juga bisa menikmati pemandangan sekitar seperti nelayan yang berlalu lalang. Setelah puas main air di Pantai Tablolong, selanjutnya saya harus..

2. Berjalan-jalan di Pantai Kolbano

Semakin sulit jalurnya, maka semakin indah pemandangannya. Kata-kata itu sepertinya tepat untuk menggambarkan keindahan Pantai Kolbano. Dari kota Kupang, kita harus berjalan sekitar 130 km menuju pesisir selatan dengan waktu tempuh 3-5 jam. Namun lamanya perjalanan terbayar dengan keindahan dan pengalaman yang didapatkan.

Pantai Kolbano bukan sekedar laut dengan warna hijau tosca. Berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai ini tidak memiliki pasir melainkan bebatuan kerikil di sepanjang pesisirnya.

Uniknya, batu-batu tersebut berwarna-warni mulai dari merah, kuning, hijau sampai batu bercorak. Tak hanya itu, disana juga ada Fatu Un, yakni sebuah bongkahan batu besar berbentuk seperti kepala singa atau kepala manusia.

Sebuah pantai langka nan rupawan. Namun tak hanya keindahan pantai-pantai saja yang ada di daratan pulau Timor karena kita bisa..

3. Kembali ke alam di Desa Boti

Ingin merasakan kehidupan yang menyatu dengan alam? Datang saja ke Desa Boti di kecamatan Kie yang berada di kabupaten Timor Tengah Selatan atau 40 km dari kota Soe. Desa ini didiami oleh suku Boti yang merupakan keturunan dari suku asli pulau Timor, Atoni Metu.

Lokasinya yang dekat pegunungan dan sulit dicapai membuatnya terisolir dan jauh dari peradaban modern. Menariknya meski tertutup, di desa ini kita akan merasakan kearifan lokal, khasanah budaya serta tradisi unik yang dipegang teguh oleh masyarakat Boti. Pria di Desa Boti rambutnya digulung atau dikonde, sementara para wanita sibuk menenun kain khas Boti di sudut-sudut rumah.

Pengunjung yang datang juga akan dijamu di Istana Raja Boti dengan sajian teh, kapur dan sirih yang menjadi simbol persahabatan di pulau Timor. Disini kita juga akan mendengar kisah nyata kehidupan luhur suatu masyarakat yang berharmoni dengan alam. Nuansa penjaga tradisi suku Atoni ini akan melemparkan kita dari hiruk-pikuk perkotaan ke dunia pedesaan yang tenang.

Setelah beranjak dari pegunungan kita bisa menuju ke..

4. Pulau Semau dengan pantai cantiknya

Jaraknya hanya 30 menit dari pelabuhan Tenau di Kupang, Pulau Semau cocok untuk mereka yang berjiwa petualang. Pulau ini masih alami dan belum banyak diekspos, apalagi ada banyak pantai-pantai tersembunyi yang sanggup membuat adrenalin berdesir. Sebut saja pantai Onanbalu, Uimake, Liman, Otan sampai Uitiuhtuan.

Meski dekat dengan ibukota provinsi, namun Pulau Semau masih minim fasilitas. Jika ingin merasakan keindahan pulau ini lebih lama kita bisa menginap di homestay atau rumah warga, namun saya lebih suka day trip di pulau ini karena selanjutnya saya ingin..

5. Terjun bebas di Gua Kristal

Siapa sangka bahwa di karang cadas di wilayah Bolok, dekat Kota Kupang, ada sebuah gua dengan kolam air sejernih kristal. Lokasinya yang tersembunyi membuat pengunjung harus berjalan kaki kesana. Sesampainya di dalam, kita akan disambut dengan air yang sejuk dan payau.

Datanglah kesini pada tengah hari ketika sinar matahari terpantul di permukaan air biru tosca, karena selain itu suasana di dalam gua akan gelap total.

Tempat ini masih tergolong sepi dan belum banyak pengunjung sehingga keindahannya tetap terjaga. Namun jika ingin melihat pemandangan yang lebih indah kita bisa menuju..

6. Middle Earth bernama Fatumnasi

Siapa bilang Pulai Timor cuma punya pantai-pantai cantik, disana kita juga bisa melihat pemandangan bak di negeri dongeng. Pernah nonton The Lord of The Rings atau The Hobbit ? Pasti familiar dengan pemandangan middle earth yang indah dan misterius itu.

Nah, Fatumnasi ini memiliki pemandangan yang mirip dengan middle earth. Letaknya yang berada di kaki Gunung Mutis dengan panorama dataran tinggi di Eropa seakan menjadi oase di tengah pulau yang terkenal gersang ini. Hamparan padang rumput dengan bukit-bukit nan hijau, hutan bonsai dan hutan eucalyptus kian lengkap dengan banyaknya hewan ternak yang berkeliaran.

Akan tetapi, pemandangan ala alpine scenery ini bukan hanya ada di Fatumnasi saja tetapi juga bisa kita temukan di..

7. Fulan Fehan, padang sabana di perbatasan Atambua

Terletak di Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, atau sekitar 26 km dari Atambua, ibukota Kabupaten Belu, Fulan Fehan berada di lembah kaki Gunung Lakaan, tak jauh dari perbatasan Atambua – Timor Leste.

Untuk menuju tempat ini dibutuhkan kendaraan tangguh mobil hardtop atau 4WD. Aksesnya juga sulit karena jalannya yang berbatu.

Tapi sesampainya disana kita akan disambut dengan pemandangan yang menyejukkan. Padang sabana hijau nan luas berada sejauh mata memandang. Selain itu ada kaktus yang tumbuh liar di beberapa tempat. Menarik sekali bahwa tanaman kaktus bisa tumbuh di atas gunung dengan cuacanya yang dingin.

Kita juga bisa melihat hewan seperti kambing gunung, sapi dan kuda liar yang bebas berkeliaran dan merumput di Fulan Fehan. Disini juga terdapat beberapa obyek bersejarah seperti, Benteng Kikit Gewen, Benteng Ranu Hitu (Benteng Lapis Tujuh) dan kuburan bangsa Melus. Fulan Fehan memang merupakan salah satu surga tersembunyi di Pulau Timor.

Jalan-jalan ke pantai sudah, ke padang sabana juga sudah, dan jika lelah dan lapar dalam perjalanan artinya kita harus..

8. Mencicipi kuliner di Pasar Kampung Solor

Sama seperti wilayah pesisir lainnya dengan hasil laut yang melimpah, di Pulau Timor kita juga bisa mencicipi seafood segar yang menggoda selera. Kuliner serba laut ini bisa kita nikmati di Pasar Kampung Solor, Jalan Siliwangi, Kupang yang buka sejak jam 5 sore sampai tengah malam.

Pilihannya juga beragam mulai dari kakap merah, kerapu, baronang, dusun, kuwe, bulat dan berbagai jenis ikan lainnya. Olahan seafood ini disajikan dengan dibakar, digoreng, atau dijadikan kuah asam, makanan khas Kupang. Seafood segar tangkapan hari ini akan langsung disajikan untuk pelanggan dengan harga yang bersahabat.

Puas menyantap kelezatan kuliner dan pemandangan alam di Pulau Timor, rasa-rasanya ada satu tempat yang sayang untuk dilewatkan, yaitu..

9. Kellaba Maja, bukit warna warni di NTT

Ingin melihat pemandangan bukit berwarna warni seperti Zhangye Danxia, China? Tak perlu jauh-jauh, datang saja ke Kellaba Maja di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perjalanan menuju Kellaba Maja dari pulau Sabu dapat ditempuh selama 1,5-2 jam.

Dari kejauhan, tampak tebing berukir indah berwarna gradasi merah marun, pink, coklat, dan kelabu ini. Pilar-pilar batu berwarna-warni dengan puncak berbentuk mirip jamur dengan tebing-tebing terukir ini bagaikan Grand Canyon di Arizona. Ada tiga batu besar yang melambangkan ibu, bapak dan anak yang dikelilingi oleh batu-batu granit raksasa.

Kelabba Maja terdiri dari dua kata. Ke’labba yang artinya tanah abu dan Madja yang berarti nama dewa atau sering disebut sebagai “tempat para dewa“. Karena itu, tempat ini juga dikeramatkan oleh warga setempat dimana selalu dilakukan ritual berupa pemotongan hewan kurban yang dipersembahkan kepada Dewa Maja.

Jangan lupa untuk menggunakan jasa pemandu atau warga sekitar dan mematuhi aturan karena tempat ini masih dianggap sakral.

Pulau Sabu sebenarnya berada di dekat perbatasan Australia dan berada di antara pulau Timor dan pulau Sumba. Untuk menuju ke pulau ini bisa menggunakan pilihan transportasi seperti pesawat, kapal cepat maupun ferry yang berangkat dari Kupang. Jadi anggap saja ini adalah ‘BONUS‘ yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke pulau Timor.

Bagaimana cara menuju Pulau Timor?

Cara termudah adalah menggunakan transportasi udara menuju Bandara El Tari, Kupang. Ada beragam pilihan maskapai dan penerbangan yang bisa kita pesan lewat situs pencarian perjalanan, salah satunya Skyscanner. Mengapa harus Skscanner? Karena situs ini menyediakan banyak penawaran menarik dan beragam pilihan mulai dari tiket pesawat murah, hotel dan sewa mobil terbaik dari travel-travel agent di berbagai tempat, dan tentu saja salah satunya di Pulau Timor.

Saya pribadi jika akan melintasi pulau menuju destinasi indah ini pastinya akan memesan tiket pesawat Garuda Indonesia. Karena selain kualitasnya yang jempolan, Garuda Indonesia adalah adalah satu maskapai dengan penerbangan langsung menuju Kupang. Jadi kita tidak akan membuang banyak waktu dan tenaga demi menjelajahi keindahan nusantara di timur ini. Agar lebih mudah, kita bisa memesanΒ Tiket Pesawat GarudaΒ lewat Skyscanner.

This slideshow requires JavaScript.

Skscanner merupakan situs travel terpercaya di seluruh dunia karena selain aksesnya gratis dan jujur, dengan melakukan reservasi via Skyscanner kita juga menghemat waktu dan uang.

Skyscanner juga selalu update dengan berita travel terbaru, penawaran dan promo menarik, bacaan inspirasi travel, petunjuk aplikasi visa, dan tips perjalanan yang terbaru dan bermanfaat bagi penggunanya.

So, tunggu apa lagi. Bergabunglah dengan lebih dari 60 juta pelancong Skyscanner yang bahagia dan jelajahi nusantara bersama Skyscanner.

1_0J9Wn8dO7gxDkAfv498TRQ

____________________

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.

Advertisements

149 thoughts on “Sekali Seumur Hidup, Kau Harus ke Pulau Timor!

  1. OMG! Itu tempatnya cantik-cantik semuaaaa…. Fix deh masuk ke wishlist pulau yang ingin aku kunjungi di Indonesia. Keindahan pulau-pulau di Indonesia itu memang luar biasa ya. Makanya impian aku malah kepingin keliling Indonesia dulu dibandingkan ke luar negeri,

    Liked by 1 person

    1. Mantap mbak..
      Surga di perbatasan ini emang layak masuk wishlist. Sayang banget kalo bela2in ke luar negeri padahal di Indonesia banyak tempat yg gak kalah indah..

      Like

    1. Hahahha..
      Artinya belum mengeksplor seluruh NTT. Tapi uda ke Labuan Bajo dan kepulauan Komodo uda top deh.. πŸ‘πŸΌ

      Like

  2. Subhanallah ya… alam Indonesia memang cantik dan kaya..Pengen juga bisa kesana tuk mengeksplore keindahan alam dan kearifan lokalnya. Terima kasih tuk sharingnya ya ka, semoga artikel ini bisa menjadi salah satu pemenang.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s